Tol Bocimi Seksi 3 Target Fungsional untuk Mudik Lebaran 2025, Terobosan Infrastruktur Menuju Sukabumi

INFO-TARGET.COM | BOGOR
Proyek Tol Bocimi Seksi 3, bagian dari jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, kini memasuki fase krusial. PT Trans Jabar Tol (TJT) menargetkan bagian ini dapat beroperasi fungsional saat arus mudik Lebaran 2025.

Direktur Utama TJT, Abdul Hakim Supriyadi, mengungkapkan bahwa tahap land clearing proyek telah mencapai 61 persen, sementara pengerjaan akses jalan kerja di seksi 3 sudah menembus angka 82 persen. Tol Bocimi Seksi 3 yang membentang sepanjang 13,90 km ini akan menghubungkan Parungkuda dan Sukabumi Barat.

“Progres pembebasan lahan juga cukup signifikan, dengan 89,4 persen lahan telah terselesaikan dan ditargetkan mencapai 100 persen pada Maret 2025,” kata Hakim dalam pernyataan resmi yang dikutip oleh info-target.com, Selasa (30/7/2024).

Hakim menambahkan bahwa bersama kontraktor, TJT tengah melakukan persiapan sekaligus pemadatan tanah, pembangunan jembatan, serta perlintasan sebidang. “Kami berupaya agar seksi 3 dapat berfungsi secara parsial hingga Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, saat mudik Lebaran 2025, dengan pengoperasian penuh pada triwulan ketiga tahun 2026,” jelasnya.

Proyek ini diharapkan tidak hanya menyediakan jalur alternatif logistik menuju Sukabumi, tetapi juga mengurangi kepadatan jalan nasional, mempersingkat waktu perjalanan, dan meningkatkan akses ke destinasi wisata. Hakim optimis, waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang semula bisa mencapai 7 jam, akan terpangkas menjadi hanya 2 jam.

Lebih lanjut, Hakim menambahkan bahwa Seksi 3 akan dilengkapi dengan dua rest area Tipe A untuk kenyamanan pengendara. Dari exit tol di Cibolang, akses menuju kawasan wisata Situ Gunung dan pusat Kota Sukabumi hanya memerlukan waktu 20 menit.

Reporter: Nurmalasari

 

Simak breaking news dan berita di link chanel kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita
https://info-target.com/ Pastikan kamu sudah ikutan link berita kami ya

Array
Related posts
error: Content is protected !!
Tutup
Tutup