AKIBAT HUJAN LEBAT MENGAKIBATKAN AKSES JALAN CARINGIN-CIBADAK PUTUS

INFO-TARGET.COM
Jalan penghubung antara Kecamatan Caringin dan Kecamatan Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terhenti karena longsor pada Rabu pagi (26/6). Akibat peristiwa ini, jalan yang berstatus kabupaten tersebut tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Lokasi longsor berada di Kampung Pasirjati RT 04/02, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin. Kejadian ini diperkirakan terjadi karena curah hujan tinggi pada Selasa petang (25/6).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Caringin melaporkan bahwa longsor di ruas jalan tersebut awalnya disebabkan oleh rembesan air dari tetesan, ditambah dengan hujan lebat sehari sebelumnya.

“Diduga karena rembesan itu, jalan longsor hingga memutus akses antara Kecamatan Caringin dan Cibadak. Saat ini jalan tidak dapat dilalui kendaraan,” kata Dadan, Rabu (26/6).

Untuk penanganan sementara, kata Dadan, di ruas jalan yang longsor telah dipasang rambu atau garis polisi. Penanganan permanen untuk infrastruktur jalan akan dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi.

“Jalan ini berstatus kabupaten. Jadi, untuk pemrosesan akan dikoordinasikan dengan Dinas PU. Kami imbau para pengendara yang biasa melintas di jalan Seuseupan-Gudang untuk mencari jalan alternatif lain,” tutupnya.

Kapolsek Caringin, Ipda Sugiarto, menyatakan bahwa kondisi jalan yang longsor tidak bisa dilalui kendaraan. Penanganan pertama dilakukan dengan pengamanan lokasi kejadian.

“Kami pasang garis polisi dan rambu-rambu peringatan agar masyarakat di sekitar lokasi tetap berada pada jarak aman,” ujar Sugiarto.

Penanganan lainnya termasuk pergeseran arus kendaraan. Menurut Sugiarto, kendaraan dari arah Caringin menuju Cibadak dan sebaliknya harus diputar balik.

“Panjang jalan yang longsor ini sekitar 20 meter dengan kedalaman sekitar 10 meter dan lebar 8 meter,” tuturnya.

Hingga saat ini tidak ada laporan korban terdampak. Namun, Sugiarto meminta masyarakat untuk segera melaporkan jika ada yang terdampak.

“Dikhawatirkan ada orang luar yang lewat saat terjadi longsor. Tapi sejauh ini tidak ada laporan korban,” tutupnya. (dadan_itu).

 

Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran Andalanmu akses berita
https://info-target.com/https://jabarku.co.id/ Pastikan kamu sudah ikutan link berita kami ya

Array
Related posts
error: Content is protected !!
Tutup
Tutup